Install Linux Ubuntu - Ubuntu Xenial 16.04

gunungbelanda.com - Install Linux Ubuntu - Ubuntu Xenial 16.04 Pada kesempatan kali saya akan berbagi cara install linux ubuntu LTS yang terbaru karena semua linux ubuntu 16.04 versi desktop jika kalian sudah beralih ke linux itu sangat bagus karena sudah karena bukan hanya tau belajar install saja tatapi kita harus belajar untuk mengunakannya. Sebelum kita belajar install linux kita harus tau apa itu linux, linux adalah sistem operasi yang open surce kata lain adalah gratis tidak susah – susah untuk membeli serial Key pada perestro linux karena Os ini sudah di berikan secara gratis bagi semua orang yang ingin menggunakan OS. Linux ubuntu ini sangat cocok bagi pemula yang masih beralih dari window ke ubuntu, dalam persi Ubuntu memiliki dua versi yaitu versi Desktop dan Server.
Yang kita install adalah linux ubuntu persi Desktop, Karena jika install ubuntu Server itu hanya di keperluan untuk server saja.

Install Linux Ubuntu - Ubuntu Xenial 16.04


Sebelum kita instal perhatikan cara untuk Install Linux Ubuntu Desktop 16.04 LTS, yang pertama kalian menyiapkan sebuah installer ISO ubuntunya, jika belum mempunyai bisa download terlabih dahulu di sini, bayak cara dalam membuat installer, di antaranya bisa menggunakan flashdisk ataupun DVD yang umum di gunakan kebanyakan menggunkan Flasdisk karena multi fungsi walaupun tidak semuanya.

Jika sudah siap langsung Install Ubuntu Desktop 16.04 LTS

#1) Restart Komputer kalian dan Masukan installer yang telah di buat berupa flasdisk ke kumputer jika sudah jagan lupa tekan F2 atu esc untuk masuk ke Bios, pilih jika menggunakan flasdisk jagan lupa melettakan pilihan yang nomer satu. Jika sudah simpan dan tekan F10 komputer akan booting awalnya agar mengarah ke media installasinya. Kemudian mulai boot, tunggu saja loading yang ada sampai muncul pilihan seperti dibawah ini.

Jika kalian ingin mencoba bisa menggunkan Try Ubuntu: Berarti mencoba mengoperasikan ubuntu tanpa harus menginstalnya ke hardisk.

Dan jika untuk klik Install Ubuntu: Berarti kita siap menginstal ubuntu ke hardisk.

Karena kita ingin menginstallnya  maka kita pilih Install Ubuntu. Bahasa yang kalin gunakan bisa menggunkan bahasa indonesia atau bahasa English atau terserah kalian sukai.

Selesai kita pilih Continue.

#2) proses persiapan Installasi pada ubuntu, proses ini akan memeriksa semua yang akan di install pada laptop , Pada langkah ini juga bisa memilih Download Update While Installing, yaitu pilihan untuk mendownload, paket terbaru yang ada pada Ubuntu sama halnya dengan Install this third party software pilihan ini akan mendownload paket-paket yang berhubungan dengan multimedia seperti mpeg, mp3 dan lain sebagainya, semua pilihan ini bisa jalankan kalau terkoneksi dengan jaringan internet. Jika yakin pada pilihan klik Continue untuk melanjutkan.

#3) Pada menu Installasi Type pertama, akan di lakukan dengan berbagai menu pilihan diantaranya : Erase Disk Install Ubuntu yang berfungsi untuk menghapus seluruh data yang ada di Harddisk dan menggantikannya dengan partisi baru. Untuk Pilihan Something Else digunakan jika akan menginstall DUAL BOOT atau di Harddisk terdapat Data Penting dalam partisi Harddisk , maka gunakan pilihan yang ini, begitupun dengan Installasi kali ini akan menggunakan menu Something Else, klik Continue untuk melanjutkan.

#4) Pada menu Installation Type selanjutnya, jika harddisk terdeteksi baru, belum di partisi sebelumnya maka akan nampak seperti tampilan dibawah ini, untuk membuat partisi tabel partisi baru klik New Partition Table.

#5) Jika ada peringatan, Klik Continue untuk melanjutkan prosesnya.

#6) Jika tabel partisi sudah dibuat langkah selanjutnya adalah membuat type-type partisi yang akan digunakan oleh Ubuntu, Linux Ubuntu hanya memerlukan 2 Type partisi yang digunakan yaitu root:"/" sama swaparea. untuk membuat type partisi langkah pertama yaitu klik Menu + pada menu sebelah kiri bawah.

#7) Untuk membuat Type partisi yang pertama, tentukan ukuran yang digunakan sebagai sistemnya, misal 8 GB dari 10 GB kapasitas Total harddisk, Gunakan Primary, dan letakan di Beginning of this space, pada Use as pilih Ext4 Journaling file system, pada Mount point pilih root "/". kemudian klik OK.

#8) Langkah kedua, yaitu membuat type area swap dari sisa kapasitas harddisk yang digunakan, swap berfungsi sebagai RAM cadangan ketika RAM utama overload, maka untuk mencegah overload tersebut maka digunakanlah areaswap ini. Untuk membuatnya silakan klik Free Space, kemudian klik lagi tombol +.

#9) Untuk ukuran gunakan saja semuanya, dan yang terpenting adalah memilih swap area pada use as, kemudian klik OK.

#10) Jika semua sudah dibuat, maka akan terlihat seperti tampilan dibawah ini, perhatikan partisi yang akan diformat akan diberi tanda ceklist pada menu format ini, biarkan saja ceklist ini ada, untuk melanjutkan klik Install Now.

#11) Plih posisi negara dengan cara klik pada peta yang telah disediakan, kemudian klik Continue untuk melanjutkan.

#12) Pilih jenis keyboard yang ada pakai, biasanya pada menu ini sering kita lewati karena linux ubuntu akan otomatis mendeteksi jenis keyboard yang pakai, klik Continue untuk melanjutkan.

#13) Pada menu ini, isikan semua informasi tentang , dari nama pemakai, nama komputer, username, password, jika sudah selesai klik Continue untuk melanjutkan.

#14) Tunggu, proses installasi sedang berjalan sampai selesai.

#15) Jika proses installasi sudah selesai, maka akan meuncul peringatan bahwa proses installasi telah selesai dilakukan, Klik Restart Now untuk melihat hasil installasi yang dilakukan tadi. dan jangan lupa untuk melepas media installer tersebut ketika komputer dalam keadaan Restart.

#16) Pada menu Login, masukan password yang isikan pada langkah no. 13


Kita sudah selesai install linux ubuntu 16.04 LTS jika kalian masih bingung bisa berkomentar di bawah ini denga baik.

0 Response to "Install Linux Ubuntu - Ubuntu Xenial 16.04"

Post a Comment

1. Berkomentar Dengan Baik.
2. Berkomentar Sesuai Judul Artikel.
3. Sopan dan Santun.
4. Dilarang Menaruh Link Hidup.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel