Cara Merubah Tampilan GNU/Linux Menggunakan Compiz - Tamppilan Menjadi Kerren

gunungbelanda.com - Compiz adalah salah satu software yang ada di linux untuk menambah sebuah efek yang berfariasi di tampilan di desktop. Efek yang bisa di gunakan bervariasi oleh compiz tidak hanya efek sederhana seperti windows yang transparan pengaturan efek seluruh desktop dan apliakasinya menjadi tampilan yang benar-benar bagus dan menarik tidak membosankan kerena effectnya banyak tergantung support laptopnya.

Cara Install compiz 

menggunakan perintah di bawah ini denga cara ctrl +alt +T atau klik kanan di desktop pilih terminal.

sudo apt-get install compiz compizconfig-settings-manager compiz-plugins-extra

Efek – efek  yang bisa di gunakan dalam compiz diantarnya :

Cara Merubah Tampilan GNU/Linux Menggunakan Compiz - Tamppilan Menjadi Kerren

 Membuat transparan desktop  yang sedang aktif/sesuai pilihan yang ada.

"3D Windows": Saat tampilan Rotate Cube windows yang aktif menjadi timbul Windows Animation : memberikan efek saat windows dibuka, ditutup, diperkecil, atau diperbesar.

"Paint Fire on The Screen" : menggambar efek api di layar desktop.

"Show mouse" dengan efek yang menarik.

"Desktop Cube" : membuat tampilan desktop menjadi tiga dimensi / berbentuk kubus.

"Rotate Cube" : membuat tampilan tiga dimensi Desktop Cube yang bisa diputar.

"Water Effect" : memberikan efek air di layar desktop.

"Wobbly Windows" : memberikan efek jelly/kenyal pada windows

Walaupun Efek yang dapat di gunakan dalam compiz cukup banyak dan rumit akan tetapi tidak memerlukan spesifikasi yang berat baik dari segi hardware maupun software. Akan tetapi tentu saja akan lebih baik jika tampilan desktop compiz didukung dengan VGA yang mumpuni seperti NVIDIA ataupun ATI. Sedangkan untuk VGA standard Intel juga bisa digunakan tetapi terkadang tidak bisa maksimal dan lengkap.

Cara memberikan efek compiz

#1. Install software compiz dan CCSM (Compiz Config Setting Manager)

Menginstal compiz bisa dilakukan melalui terminal atau langsung melalui repository di synaptic package manager atau software manager

#2. Instal Compiz-plugins-extra

Sama seperti instal compiz dan CCSM, plugins ini diperlukan untuk tambahan efek di CCSM.

#3. Jalankan Compiz Config Setting Manager (aplication-other-Compiz Config Setting Manager =>jika pake DE Gnome Classic).

Tab General

Aktifkan (centang pilihan) Open Gl, Composite, dan Gnome/KDE Compatibility Di General Option masuk ke tab Desktop Size berikan nilai (Horizontal Virtual Size :4, Vertical Virtual Size :1, dan Number of desktop :1).

Tab Accessibility

Aktifkan (Centang) Opacity,Brightnes,and Saturation kemudian masuk ke menu dan Aktifkan fungsi yang diinginkan seperti Opacity => aktifkan fungsi tombol mouse di Alt+Button4 berarti jika mouse di tempatkan di jendela tertentu dan kita memencet tombol Alt + Scrool Down maka windows akan menjadi transparan. Aktifkan Show Mouse (hidupkan fungsi tombol di Super+k, sehingga nanti efek show mouse akan muncul ketika kita memencet tombol windows di keyboard bersama tombol k

Tab Desktop

Aktifkan Desktop Cube dan Rotate Cube (untuk berpindah antara desktop gunakan Ctrl+Alt+Down, sedangkan untuk menggunakan efek desktop cube tekan Ctrl+Alt dan klik kiri mouse di background desktop).

Tab Effect

Aktifkan :

=>3D Windows : saat menggunakan efek rotate cube maka windows akan terlihat timbul dan bagus

=>Animation dan Animation Add Ons : Memberikan efek pada windows saat di buka dan di tutup dan minimize-maximize. Efek ini bisa berupa windows terlihat pecah, terpelintir, terbakar, sesui laptop yang support dengan effect compiz terkadang klau effect api itu tidak support karena laptopnya terkadang tidak mendukung. 

2 Responses to "Cara Merubah Tampilan GNU/Linux Menggunakan Compiz - Tamppilan Menjadi Kerren"

1. Comment Well.
2. Comment according to the title of the article.
3. Polite and Courteous.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel